Tanaman Tumpang Sari Perkebunan Jati Solomon

Tanaman tumpang sari adalah suatu bentuk tanaman campuran (polyculture), pelibatan dua jenis atau lebih tanaman pada satu area tanam dalam waktu bersamaan.

Jati_Solomon_Kultur_Tumpang_sari

Tanaman tumpang sari umum dilakukan dalam waktu hampir bersamaan untuk dua jenis tanaman budidaya yang sama, seperti jagung dan kedelai, atau jagung dan kacang tanah, hal ini dikenal sebagai double-cropping. Namun, penerapan sistem tumpang sari kali ini akan digunakan untuk Perkebunan Jati Solomon.

Perlu waktu lama untuk dapat memanen Pohon Jati Solomon dari Bibit Pohon Jati Solomon sampai siap panen, bisa sampai ± 12-20 tahun. Oleh karena itu, agar petani Perkebunan Pohon Jati Solomon bisa terus mendapat penghasilan setiap bulan salah satu caranya adalah pemanfaatan sistem tumpang sari. Cara tanam ini menggabungkan antara tanaman kehutanan dengan pertanian.

Ada dua hal harus diperhatikan terkait dengan Tanaman Tumpang Sari Perkebunan Jati Solomon :

1. Memilih jenis tanaman tumpang sari
Langkah ini merupakan tahapan yang sangat penting, karena pemilihan jenis tanaman akan sangat berpengaruh langsung terhadap kualitas Jati Solomon yang kita tanam. Kalau kita salah menentukan jenis tanaman tumpang sari, akan berdampak buruk terhadap tanaman inti. Maka dari itu ada beberapa tanaman yang dilarang dan ada juga yang sangat dianjurkan.

Tanaman yang dilarang dan akan sangat mengganggu pertumbuhan jati adalah Singkong dan kayu keras lainnya.

Sementara jenis tanaman tumpang sari yang bermanfaat dan sangat dianjurkan adalah :
  1. Jagung
  2. Cabai Rawit
  3. Kacang panjang
  4. Nilam
  5. Sereh Wangi
  6. Pisang Pala dan
  7. Kapulaga.

2. Memberikan Pupuk
Memberikan pupuk secara rutin dengan berbagai jenis pupuk seperti pupuk kompos, Organik dan hayati secara bergiliran kepada tanaman tumpang sari. Untuk hasil terbaik lakukan pemupukan sebulan sekali.

Supaya biaya produksi tidak begitu membesar, buat kompos, pupuk organik dan hayati sendiri dengan memanfaatkan sumber daya alam yang berada di sekitar tempat tinggal.

12 comments

lumayan tuh sambil menunggu jati solomonnya panen bisa menanam tanaman tumpangsari yamas

Sekalian nunggu dapat hasil dari yang Lain Kang

ternyata selain untuk menanam Jati Solomon, tempatnya bisa juga untuk menanam jenis tanaman tumpang sari ya Kang... Apalagi tanaman Jati Solomonnya cukup lama untuk bisa diambil hasilnya, berati lewat tanaman tumpangsari inilah yg bisa dihasilkan sambil menunggu waktu pohon jati solomon di panen ...

Benar Kang Eka, sambil menyelam minim air, sembari nungggu hasil Jati dapat hasil dari tanaman Tumpang Sari

ide tumpang sari emang lumayan ya. kalo g gitu berat di ongkos.

Tujuannya untuk menutupi biaya Mangs

kalau di sini biasanya tanaman jati diselingi dengan jagung mas, karena harga jual jagung cukup stabil, jadi sering digunakan sebagai tumpang sari pohon jati

Iya Kang Ucup, untuk menambah penghasilan para penanam jati dari hasil jagung

kaLo ta' Lihat di kampungku biasanya tumpang sari untuk kebun jati ditanami sama tanaman cabe, seLain jarak panennya cukup dekat juga harga juaLnya masih bagus.

Cabe masih unggulan kang, karena harganya masih bagus

Mau tanya kalau tanaman pohon jati ( sudah besar ) dibuat tumpang sari dengan pohon lengkeng new kristal apakah bisa?

Yang sangat dianjurkan diatas Kang Imam