Tempat Tumbuh Pohon Jati Solomon Kultur

Ini adalah artikel pertama dari blog Jati Solomon, Meskipun Pohon jati dikenal sebagai penghasil kayu kuat, tetapi Pohon Jati Solomon Kultur ini juga memerlukan kondisi kondusif untuk mendukung pertumbuhannya.

jati-solomon-kultur

Pohon Jati Solomon Kultur akan menghasilkan kayu yang berkualitas seperti  yang di inginkan apabila tumbuh di Habitat yang sesuai.

Tanah dengan topografi relatif datar (hutan dataran rendah) kemiringan lereng maksimal 20% dan kandungan unsur kimia pokok yang dapat mendukung pertumbuhan jati adalah Kalsium (Ca), Fosfor (P), Kalium (K) dan Nitrogen (N), sedangkan kapasitas bahan organik (humus) optimum antara 1,87-5,55 yang berada dipermukaan dan 0,17-0,19% sekitar 100 cm di bawah permukaan.

Ketinggian tempat maksimal adalah 800 m dpl karena ketinggian tempat lebih dari 800 m dpl tanaman jati tidak dapat tumbuh dengan baik akibat suhu tahunan yang lebih rendah.

Curah hujan minimum untuk tanaman jati adalah 750 mm/tahun, optimum 1000-1500 mm/tahun dan maksimum 2500 mm/tahun. Walaupun demikian tanaman jati masih dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 3750 mm/tahun.

Curah hujan secara fisik dan fisiologis berpengaruh terhadap sifat gugurnya daun dan kualitas produk kayu. Di daerah dengan musim kemarau panjang tanaman jati akan menggugurkan daunnya dan biasanya lingkaran tahun yang terbentuk lebih artistik.

Suhu udara yang dibutuhkan tanaman jati untuk tumbuh baik minimum 13-17°C dan maksimum 39-43°C. Pada suhu optimum 22-42°C, kualitas kayu jati yang dihasilkan lebih baik.

Kelembaban lingkungan optimum untuk tanaman jati sekitar 80% untuk fase vegetatif dan 60-70% pada fase generatif.

16 comments

jadi pohon jati solomon akan menghasilkan kualitas kayu yang lebih baik kalau ditanam di daerah dengan suhu yang tinggi ya mas, misal daerah yang dekat dengan pesisir gitu

Sebaiknya seperti itu Kang Ucup

cocok nih kalau ditanam di daerah saya. hanya saja lahannya belum ada :)

Di daerah maka Kang Ucup? Kalau bisa di pasarin aja bibitnya Kang

ketika musim kemarau, tanaman jati akan Lebih banyak menggugurkan daunnya dan memang itu reaksi aLam yang terjadi untuk proses penguapan (khususnya) pada tanaman jati. sehingga efeknya menghasiLkan kayu yang kering dan kuat.

Paham benar mengenai Pohon yang satu ini Om, hebat

Iya memang pohon jati terkenal dengan kuatnya ya mas, dan saya baru tahu lho ternyata diperlukan penunjang lainnya seperti yang tertuang di atas guna mendukung pertumbuhannya,, saya punya meja dan kursi yang terbuat dari kayu jati, dan katanya sih itu sudah ada dulu zaman kakek saya tapi meja dan kursinya masih bagus lo sampai sekarang... Waah ini blog baru ya Mas, semangat ya Mas bikin postingannya,,, siiippppp mantabs... hehehehe :)

Kayu jati memang terkenal kayu berkualitas Kang. Terimakasih ya Kang Diar

tumbuh baiknya pohon jati solomon ini juga tergantung suhu yamas.berarti ga bisa sembarangan pilih tempat dong yah.heuheu

oo ada lingkungannya juga ya. biar cocok. kalo terlalu tinggi dari permukaan laut juga ga baik ya. kalo pupuknya apa yang baik kang

Bisa sih kang Hendri tapi cara penanganannya juga cukup berbeda nantinya

Dengan menggunakan NPK bagus Mangs Aduls

Gimana cara pesan nya? Apa bisa diantar smp pandeglang? Oh iya apa harga bibirnya ngga boleh kurang ya mas?

Untuk lebih Fixnya Hubungi kami melalui Contact Me

Mhn ijin, kl utk daerah gunung kidul bagus gak?, minimal order brp? Harga brp? Mksh

Untuk lebih jelasnya silahkan Hubungi kami melalui Contact Me