Video Pemasakan media Bibit Jati Solomon di Autoklaf

Perbanyakan atau pengembangan secara kultur jaringan merupakan upaya pengembangan tanaman melalui pembiakan sel-sel meristematis dari jaringan tanaman, seperti pucuk/tunas, ujung akar, embrio benih, atau bunga.

Pemasakan_media_Bibit_Jati_Solomon

Perbanyakan ini dilakukan di laboratorium dengan cara aseptik memerlukan peralatan dan bahan laminar air flow cabinet, autoklaf, botol kultur, tutup botol, alat diseksi (pinset, sptula), petridis, gelas ukur, lampu bunsen, timbangan, alat ukur pH, kulkas, kompor gas, panci, pengaduk, pipet tetes, pipet lurus, alat pencuci, dan liquide dispenser.

Cara ini secara keseluruhan terpola dalam kondisi bebas dari pencemaran (kontaminasi) berbagai jenis mikro organisme yang kasat mata (virus, bakteri, jamur). Baca juga Foto Aktivitas di lab Jati Solomon.

Pemasakan media Bibit Jati Solomon dalam autoklaf ini dilakukan agar semua media yang digunakan untuk keperluan pengembangan menjadi steril. Sterilisasi media dalam autoklaf dilakukan pada suhu 121°C dengan tekanan 1,5 kg per cm2 selama 15 menit.


Pengangkatan media steril dari autoklaf dilakukan setelah proses sterilisasi selesai dan diletakkan di dalam kontainer penyimpanan dan diberi label tanggal pembuatan media dan jenis medianya.

20 comments

Menjadi tambah wawasan nih, ulasan tentang dunia tanaman. Sip!

mohon maaf mas autoklaf itu yang kaya prestonya? :)

pertama ga ngerti sama sekali haha, nambah wawasannya eh om, apa lagi ada videonya jadi lebih paham

Pembelajaran buat kami juga Kang

Iya betul Kang.. Jadi tambah wawasan khususnya tentang Jati Solomon... Siiipppp Kang hehehehehe :)

Syukurlah kalau begitu Kang, berarti ada manfaatnya

jadi sama" belajar ya kang haha :p

Wah bermanfaat banget gan, yg tadinya ane gak tau jadi tau :D
hehe

Jadi tambah ngerti
Tentang bibit jati
Dari mu yang suka berbagi

:)

bikin bibit kayu jati ternyata ada teknis khusus ya tak pikir langsung tabur saja dipolybag

Syukurlah kalau manfaat Kang

Sekalian Promo Mbak Annisa

Ini semacam proses sterilisasi ya mas....

Tidak prosesnya panjang Kang

Benar sekali Kang Wahab

baru tau kaLo media yang digunakan untuk keperLuan pengembangan bibit dimasak duLu biar steriL :D

Sterilisasi media dengan menggunakan autoklaf

Iya Kang, biar nambah terus pengetahuannya