Bibit Jati Solomon Kultur Bibit kayu Bermutu Tinggi

Pohon Jati atau Tectona grandis dikenal sebagai kayu komersial berkualitas dan bermutu tinggi. Pohon Jati atau Tectona grandis ini termasuk dalam family Verbenaceae.

Jati_Kultur_Solomon

Penyebaran alami Pohon Jati meliputi negara-negara India, Birma, Kamboja, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia jati terdapat di beberapa daerah terkenal seperti Jawa, Muna, Buton, Maluku dan juga di Nusa Tenggara.

Tempat Tumbuh Pohon Jati Solomon Kultur cocok di daerah musim kering agak panjang sekitar 3-6 bulan pertahun. Curah hujan yang dibutuhkan rata-rata 1250-1300 mm/tahun dengan temperatur rata-rata 22-26° C. Jati umumnya tumbuh pada tanah bertekstur sedang dengan pH netral hingga asam.

Sifat Fisik Kayu Jati Solomon termasuk kelas awet tingkat 1 dan 2, serta kelas kuat tingkat 1. Penyebab keawetan dalam kayu teras jati adalah tectoquinon (2-methylan thraquinone). Kayu jati mengandung 47,5% selulosa, 30% lignin, 14,5%pentosan, 1,4% abu dan 0,4-1,5% silika.

Perkembangan bioteknologi khususnya dalam bidang rekayasa genetik (pemuliaan pohon/tree improvement) dan kultur jaringan telah menghadirkan jati varietas unggul. Jati varietas unggul ini memiliki keunggulan berdaur pendek ± 12 sd 15 tahun dengan ketegori tertentu. Pohon Jati varietas unggul memiliki sedikit cabang, berbatang lurus dan silindris.

Dengan menenerapkan bioteknologi dalam bidang rekayasa genetik (pemuliaan pohon/tree improvement) serta kultur jaringan maka lahirlah Pohon Jati varietas unggul dengan nama Bibit Jati Solomon Kultur

30 comments

dipulau jawa pohon jati juga memang sudah lumayan banyak mas, apalagi pohon jati itu termasuk pohon mahal dan dilindungi :)

untuk menanam pohon jati di butuhkan waktu bertahun-tahun ya ternyata

Sekarang ini perkebunan Jati di pulau jawa sudah banyak berkurang kang

12 sd 15 tahun Mbak Defa

Berarti bibit jati solomon itu hasil inovasi dari manusia ya sob, biar kualitas jatinya makin bagus: berkualitas tinggi.. :)

Benar sekali kang Diar

wah bisa dicoba nih mas, kebetulan kalau disini cocok sekali tanahnya buat di tanam kayu jati, kira-kira bibitnya harganya berapa ya mas?

kalau jati biasa mungkin butuh waktu yang lebih lama ya mas

Pohon jati konvensional bisa dipanen pada umur 60 tahun keatas pak guru

Kalau masalah harga silahkan hubungi kami melalui Contact Me Pak Guru

kalo di daerah saya mah kayaknya jarang yang nanam pohon jati mah kang, apa tanahnya kurang cocok ya tapi kalo di daerah mertua (tegal, jateng) saya liat banyak banget yang pada nama pohon jati ini

di daerah semarang banyak mas,tapi milik perhutani :D

Kecil menanam,tua menikmati hasil,karena harga kayu makin lama makin mahal mengingat semakin sempitnya lahan untuk perkebunan

oh saya baru tau kalau kayu jati solomon ini dihasilkan dari perkembangan bioteknologi kang
makasih infonya

Wah mantap nih.. entar kalau butuh bisa pesen kan ya mas :D
Ohh ya mampir ke blog sederhana saya ya gan sebagai tanda persahabatan :)

Di Jateng banyak perkebunan Jati Solomon Kang Marnes

Semoga dengan adanya Pohon Jati varietas unggul ini, pohon jati semakin banyak Kang

Sama-sama Kang Yanto

mas...kalau bibit jati solomon ini gimana cara mendapatkannya dan berapa kisaran harga bibitnya ya gan....kalau masalah perawatan kayaknya bisa bereferensi dari blog ini...mohon pencerahnnya ya gan...terima kasih

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui Contact Me Mbah Dinan

jadi kalo kita nanam pohon jati solomon apakah boleh mas???

pantesan, soalnya kalo lagi pulang pas lagi diperjalanan banyak kebung yang terdapat pohon jati mas

Boleh aja Kang Hendri

Kondisi alamnya cocok buat Perkebunan Jati Solomon Kang Marnes

jadi lebih cepet jati solomon ya di banding jati biasa

Jauh lebih cepak Mbak Defa

Pertumbuhannya 15 tahun ya...lumayan lama mas..

Ini adalah waktu yang sangat cepat untuk pertumbuhan pohon jati Kang