Sifat Fisik Kayu Jati Solomon

Di artikel Tempat Tumbuh Pohon Jati Solomon Kultur ada seorang teman berkata bahwa pohon jati terkenal dengan kuatnya, itu memang benar dan kali ini Jati Solomon share tentang sifat fisik kayu jati. 

Fisik_ Kayu_Jati_Solomon

Sifat Fisik Kayu Jati termasuk kelas awet tingkat 1 dan 2, serta kelas kuat tingkat 1. Oleh sebab itu kayu jati sangat sering digunakan sebagai perabot rumah tangga seperti : lemari, kursi, meja dan lainnya.

Disamping Sifat fisik kayu jati yang kuat, kayu jati juga memiliki serat unik dan cantik yang tidak dimiliki oleh beberapa pohon kayu lainnya.

Secara konvensional pohon jati sebenarnya baru bisa dipanen pada umur 60 tahun dan optimal 80 tahun, tapi sejak berkembangnya teknik bioteknologi disertai pengembangan jati secara vegetatif melalui kultur jaringan, kultur tunas dan stek pucuk, kini dihasilkan Bibit Pohon Jati Solomon yang mampu berproduksi cepat antara 12 sd 15 tahun dengan hasil produksi yang cukup tinggi.

8 comments

Iya betul Kang, serat kayu jati unik dan cantik, punya khasnya.. Waah kalo teknik bioteknologi tidak berkembang, lama juga ya panen pohon jati bisa 60 tahun sampai 80 tahun, jarang-jarang umur manusia zaman sekarang sampai umurnya segitu... hehe :)

Iya Kang Diar, Bibit Pohon Jati Solomon bisa berproduksi antara 12 sd 15 tahun dengan ketegori tertentu

Kayu jati memang tetap unggulan dari jenis kayu lainnya. Ada kayu mahoni, kayu jengjeng, dan lainnya.

Kayu jati kayak unsur didalamnya banyak kandungan sehingga mampu bertahan lebih lama dibanding kayu lainnya.


Makasih banyak mas udah share

Benar Pak Guru, kayu jati memang tetap unggulan

Untuk memetik jati ternyata lama juga ya, sang pemiliknya belum tentu bisa umur segitu.

Menggunakan Bibit Jati Solomon Kultur bisa lebih cepat Kang

hingga saat ini untuk furniture saya masih mempertahankan kayu jati sebagai bahan bakunya, memang terbukti awet. contohnya beberapa perabot rumah tangga peninggaLan orang tua hingga kini masih kokoh tanpa ada yang perLu direnovasi, paLing cuma di peLitur uLang aja biar tetap berkiLau seperti baru.

Itu katena Sifat Fisik Kayu Jati solomon termasuk kelas awet 1 dan 2, serta kelas kuat tingkat 1