Sebaran Alami Pohon Jati Dunia

Pohon Jati adalah tanaman tropis tahunan dapat tumbuh mencapai ukuran sangat besar, menurut beberapa ahli botani tumbuh secara alami di daerah Selatan dan Tenggara Asia yaitu India, Myanmar (Burma), Lao PDR dan Thailand pada rentang latitude antara 9° - 25° 30’ LU dan longitude antara 73° - 104° 30’ BT.

Pohon_Jati_Hutan_Alam

Menurut sejumlah ahli botani lainnya menganggap bahwa Pohon Jati memang merupakan jenis asli Burma, kemudian menyebar ke Semenanjung India, Thailand, Filipina dan Jawa. Per tahun 2010 hutan alam jati yang tersisa di negara asalnya ini tinggal 29,035 ha (Kollert & Cherubibi, 2012). Baca Penyedia Bibit Unggul Jati Solomon dan Bibit Jati Solomon Berkualitas Cepat Panen.

Penyebaran_Alami_Pohon_jati
Peta Penyebaran Alami Tanaman Jati Dunia
  • India
Pohon Jati pada umumnya terkonsentrasi di Semenanjung India pada latitude antara 9° - 25° LU dan longitude antara 73° - 82° BT. Di wilayah utara terdapat di bagian barat Arvallis, Rajasthan mengarah ke timur ke daerah Jhansi, Uttar Pradesh dan berbelok ke arah selatan melewati Madhaya Pradesh ke arah Sungai Mahanandi di Orissa. Di wilayah bagian selatan, jati terdapat di daerah Travancore dan Tinnevelly.

Di dalam sebaran alaminya di India ini pola penyebaran jati termasuk pola penyebaran discontinue. Penyebaran dengan pola demikian dapat membentuk hutan jati homogen yang luas, atau membentuk tegakan-tegakan kecil atau tersebar dalam hutan tipe lainnya. Di India, areal hutan jati yang terpenting berada di Hoshangabad Betul (Madhaya Pradesh), Chanda dan Melghat (Maharashtra), Wynaad (Kerala), Bukit Anamalai (Tamil Nadu) dan Kanara Utara (Karnataka).

Per tahun 2010 hutan alam jati di India diperkirakan tinggal 6,810,000 ha, menurun hampir 2.1 juta ha dibandingkan yang tercatat pada tahun 1976 ((Kollert & Cherubibi, 2012). India telah melarang penebangan tanaman jati pada areal hutan alamnya.
  • Myanmar (Burma)
Di Burma, Pohon Jati terdapat hampir di seluruh wilayah negeri ini di antara latitude 10° - 25° 30’ LU dan longitude antara 94° - 100° BT. Di kelompok sebelah Utara, tanaman jati terdapat di negara bagian Kachin yang terletak agak jauh dari wilayah tropis. Di wilayah selatan jati terdapat di daerah Ayeyarwady, kemudian meluas ke bagian timur ke wilayah Tanintharyi. Di sebelah timur, spesies ini ditemukan di negara bagian Shan sampai ke perbatasan Laos dan Thailand.

Hutan alam jati di Burma pada tahun 2010 diperkirakan seluas 13,479,000 ha menurun hampir 1.1 juta ha dibandingkan yang dilaporkan tahun 1976 (Kollert & Cherubibi, 2012). Saat ini Burma adalah satu-satunya negara suplier jati yang berasal dari hutan alam. Negara ini menerapkan sistem tebang pilih untuk produksi kayu jati dari hutan alam yang telah berlangsung sejak akhir era 1800 an dan berlangsung hingga sekarang. Namun dikabarkan sejak tahun 2014 negara ini telah melarang penebangan jati dari hutan alam.
  • Thailand
Pohon Jati di Thailand terdapat secara alami di wilayah bagian utara negeri ini, yakni pada kisaran latitude 10° - 25° 30’ LU dan longitude antara 94° - 100° BT. Dengan pola penyebaran discontinue, jenis ini ditemukan dalam hutan jati homogen yang luas dan tegakan homogen kecil. Luas areal hutan alam jati di Thailand diperkirakan sekitar 8,744,000 ha.

Thailand dilaporkan berhasil menghutankan kembali tanaman jati dan berhasil menambah luasan hutan alam jati seluas 2.9 juta ha (Kollert & Cherubibi, 2012). Negara ini melarang penebangan jati pada hutan alam sejak tahun 1989.
  • Lao PDR
Pohon Jati di negara Lao PDR, merupakan penyebaran alami jati paling timur, terdapat secara alami di wilayah timur laut sepanjang perbatasan Laos, Thailand dan Burma, di antara latitude 17° 60’ - 20° 80’ LU. Hutan jati di wilayah ini merupakan terusan hutan jati di wilayah Thailand. Jati ditemukan tersebar pada hutan Xayaboury (sepanjang perbatasan Laos-Thailand) dan di hutan Boke (sepanjang perbatasan Laos-Burma) dengan perkiraan luas hanya sekitar 1,500 ha (Kollert & Cherubibi, 2012).

Hutan alam jati di negara ini hampir punah. Pada tahun 1976 dilaporkan oleh Tewari (1992) masih terdapat 70,000 ha hutan alam jati

24 comments

saya kira tumbuh alami di indonesia mas.
yang penting kalo hutan itu setelah di tebang di tanam lagi. jangan kaya kalimantan

Waw banyak tersebar juga ya pohon jati ini.

indonesia enggak ada gan ?

Benar Mangadul Ganteng, harus ditanami lagi

Aslinya tidak Kang Danar

wahhhh gada indonesianya

Iya kang nih saya kan punya tanah di saudara saya tapi rumahnya jauh disana saya nanam pohon jati eh sayang pohonnya banyak yang ngambil karena saya jarang kontrol sih rugi jadinya saya.

Itu kenyataan Amalia

Harus dijaga Pohon Jatinya Sob

baru tahu klo asalnya dari burma

Jati Salomon ini, seperti jati pada umumnya atau memang dari bibit khusus mas, enak tuh kalau bisa cepat panen, kalau jati biasa kan pada umumnya sangat lama banget tuh perkembangannya.

Tapi biasaa kalo pohon2 besar ini banyak penunggunya juga yaa mas :D

Indonesia mana ko gak ada ? kalo tanam di indonesia bakalan tumbuh gak kang ?

Iya fakta tentang peta penyebaran alami pohon jati nggak ada di Indonesia ya Kang ?? :)

ternyata sebaran pohon jati telah menyebar di dunia ya, mungkin karena pohon jati adalah pohon yang kuat dan paling cocok untuk bahan bangunan

Sebaran Alami Pohon Jati Dunia

Kami penghasil Bibit Unggul Jati Solomon Kang

Pastinya apalagi menggunakan Bibit Unggul Jati Solomon

Sangat benar Kang Diar

Kayu Jati oleh masyarakat dunia dijuluki sebagai “King Of Woods” karena sifat kayunya yang sangat baik

Kalau pohon jati katanya lebih mahal ketimbang pohon albu,,, kenapa bisa gitu yah ?? padahal sama2 kayu.. heheh

Kayu Jat dijuluki sebagai “King Of Woods” karena sifat kayunya sangat baik Kang