Bibit Jati Bio Solomon

Jati Solomon. Saat ini di Indonesia telah banyak ditemukan material genetik jati unggul dengan metode perbanyakan kultur jaringan yang telah terbukti dapat tumbuh dengan sangat cepat.

PT Bio Hutanea

Salah satu jati cepat tumbuh dengan metode perbanyakan kultur jaringan yang terbaik saat ini adalah Jati Solomon (Tectona grandis var Solomonensis) yang diproduksi oleh PT Bio Hutanea.

Jati Solomon yang diproduksi oleh PT Bio Hutanea dapat tumbuh dengan sangat cepat, berbatang lurus dengan bentuk percabangan yang ringan dan mempunyai bentuk batang yang silindris.

Baca

Dari percobaan penanaman yang telah dilakukan pada berbagai lokasi penanaman, pada umur 2 tahun tanaman Jati Solomon dapat mencapai rata-rata tinggi 8 m dengan DBH (diameter at breast height = diameter sebatas dada) rata-rata 12 cm.

Pada umur tahun 4 tahun sebaran DBH yang diperoleh adalah 18-24 cm dengan tinggi hampir seragam yakni 12 m. Tanaman paling tua dari uji penanaman ini adalah umur 8 tahun dimana pada umur tersebut DBH rata-rata mencapai 32 cm dengan tinggi rata-rata 16 m.

Dengan menggunakan rumus volume V = 0.00006 x DBH2 x T dimana 0.00006 adalah konstanta angka bentuk, maka pada umur 8 tahun diperoleh 0.97 m3 per pohon. Dengan kerapatan tanam akhir 400 pohon/ha maka akan diperoleh tidak kurang dari 393 m3/ha.

Melihat potensi pertumbuhan yang dimiliki oleh Pohon Jati Solomon ini, ditambah dengan harga jual yang sangat menarik dan cenderung terus naik serta peluang pemasaran dalam negeri yang masih terbuka luas, beberapa perusahaan skala nasional sudah bekerjasama dengan PT Bio Hutanea untuk menyediakan Bibit Jati Bio Solomon.

Untuk mengetahui lebih lanjut perusahaan PT Bio Hutanea silahkan kunjungi web resminya di www,bio-hutanea.com.