Bunga Pohon Jati

Melanjutkan artikel Jati Solomon, Mengenal akar Pohon Jati Solomon Kultur, kini kami lanjutkan dengan pembahasan Bunga Pohon Jati.

pohon-jati-alami

Tanaman Pohon Jati mempunyai bunga majemuk, Bunga Pohon Jati diisi oleh beberapa ratus kuntum yang tersusun di dalam anak payung menggarpu. Bunga terdapat di ujung ranting dan jauh di puncak tajuk pohon. Baca Pohon Jati Bio Solomon dan Bibit Jati Solomon Kultur Jaringan Jati Cepat Tumbuh

Susunan bunga banyak terminal, bulir-bulir bercabang tersusun dan berbulu halus. Tajuk mahkota 6-7 buah, warnanya agak keputih-putihan dan ukuran lebar bunga tunggal sekitar 4-5 mm dengan panjang sekitar 6-8 mm.

bunga-tunggal

bunga-majemuk

Kelopak bunga (calyx) berjumlah 5-7 berukuran 3-5 mm. Mahkota bunga (corolla) tersusun secara melingkar dengan ukuran sekitar 10 mm. Tangkai putik (stamen) berjumlah 5-6 buah dengan filamen berukuran 3 mm. Antera memanjang berukuran 1-5 mm dengan ovarium membulat berukuran sekitar 2 mm.

Pada tanaman pohon jati yang diperbanyak dengan biji (perbanyakan generatif), pembungaan pertama dimulai tahun ke-2 sampai ke-4. Pembungaan biasanya terjadi tiap tahun pada awal musim hujan, yakni bulan Oktober-Juni.

Pohon Jati merupakan jenis tanaman yang menyerbuk silang (cross pollination), namun didapati juga buah dari hasil penyerbukan sendiri (self pollination) dengan tingkat perkecambahan lebih rendah dari hasil penyerbukan silang.

Ket :
Gambar Atas : Pohon Jati Alam
Gambar Tengah : Bunga Tunggal Pohon Jati
Gambar Bawah : Bunga Majemuk Pohon Jati

8 Responses to "Bunga Pohon Jati"

  1. gambar bunga jatinya bagus juga mas putih banget. saya save ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mang Aduls baru kelihatan lagi, monggo Mang

      Delete
  2. Bunga... mirip bunga melati ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunga Tunggal Pohon Jati Kang Wahab

      Delete
  3. sekarang bisnis Pohon Jati sangat mengntungkan mas apa lagi di dukung jaringan dan manajemen yang bagus...pasti omset mengalir terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Kang. Semoga sukses terus

      Delete
  4. dari dekat bunganya cantik mas

    ReplyDelete
  5. Iya kang bunga Jati seperti itu

    ReplyDelete